6.26.2008

Apa sih Management Trainee (MT)?

Sering kita mendengar ada lowongan yang dibuka oleh perusahaan untuk posisi "Management Trainee". Istilah yang dipakai oleh perusahaan bisa berbeda-beda, seperti Management Trainee, Management Development Program, Graduate Management Associates Programme, Graduate Trainee, Development Program, Program Pendidikan, Program Pengembangan Staff, dll. Meskipun nama program yang ditawarkan berbeda-beda, namun esensinya tetap sama.
.
Lalu apa sebenarnya posisi ini? Bagaimana proses seleksi yang perlu dihadapi? Dan bagaimana prospek karirnya? Simak pembahasan saya mengenai Management Trainee di bawah ini.

Program Management Trainee (MT) adalah program pengembangan karyawan dengan pola rekrutmen dan jalur yang khusus. Khusus karena kriteria rekrutmen yang dipakai biasanya lebih tinggi, dan kadang kala sangat tinggi bila dibandingkan dengan kriteria rekrutmen untuk karyawan dengan pola biasa. Mulai dari syarat indeks prestasi (IPK) yang tinggi, pengalaman organisasi yang memadai, kemampuan atau skill yang cukup, hingga penguasaan bahasa asing yang baik.

MT dirancang khusus untuk menyiapkan kader-kader pemimpin perusahaan di masa depan. Oleh karena itu proses seleksi program MT dilakukan dengan sangat ketat, baik dilaksanakan sendiri oleh bagian SDM perusahaan maupun dengan menyerahkannya kepada konsultan terpecaya. Ribuan peserta yang mengikuti proses seleksi disaring sehingga menyisakan sedikit kader terbaik. Berbanggalah mereka yang berhasil lolos mengikuti program MT. Tetapi jangan sombong, karena program ini setiap tahun selalu ada sehingga anda bukan satu-satunya kader pimpinan masa depan. Karena setiap tahun ada, maka biasanya disebut sebagai MT angkatan ke-xx.

Proses seleksi karyawan MT bisa berbeda-beda di tiap perusahaan. Biasanya tahap-tahap yang akan anda jalani selama proses seleksi atau rekrutmen MT adalah:

TAHAP 1 :
Psikotes atau online test

Psikotes yang terdiri dari tes verbal, tes numerikal, tes kepribadian. Dalam akhir tes ini biasanya anda akan disuruh menggambar (WARTEGG TEST) dan mengerjakan PAULI atau KREPLIN TEST. Dari tes Pauli dan Kreplin ini dapat diketahui seberapa cepat, tepat dan konsisten anda mengerjakan pekerjaan yang rumit dan membutuhkan konsentrasi.
.
Pada online test, perusahaan biasanya kerjasama dengan organisasi konsultan dari Amerika atau manapun yang memberikan jasa online assessment test dengan tujuan membantu HRD perusahaan menilai calon karyawan. Oleh karena itu, online test biasanya menggunakan bahasa inggris. Ketika anda sudah bertemu dengan pihak HRD, anda akan diberikan undangan berisi alamat situs yang harus anda kunjungi serta access code agar anda bisa log in. Ketika sudah log in anda akan diminta untuk mengisi sedikit biodata dan kemudian dilanjutkan dengan mengikuti serangkaian tes yang disediakan. Ingat bahwa dalam online test ini, setiap pertanyaan diberi waktu, jadi anda akan kehilangan pertanyaan tersebut jika terlalu lama menjawabnya.

TAHAP 2 :
Wawancara atau tes bahasa inggris TOEFL

Wawancara dengan lembaga konsultan yang telah dipercaya oleh perusahaan. Biasanya wawancara menyangkut kegiatan organisasi dan kepribadian anda. Karena ingin tahu pribadi anda dengan lebih detail, maka biasanya wawancara dengan konsultan ini sangat lama, bisa sampai satu jam lebih.

Ada juga perusahaan yang meminta pelamar mengikuti tes bahasa inggris atau TOEFL yang diadakan baik oleh perusahaan itu sendiri kerjasama dengan lembaga kursus. Tujuannya tentu saja memilih karyawan dengan kemampuan bahasa inggris yang baik.

TAHAP 3 :
Tes bakat (Assessment Test)

Dalam tes ini biasanya akan berupa diskusi kelompok, games kelompok, maupun presentasi individu. Dalam tes kelompok dilakukan bersama dengan pelamar-pelamar lain. Ingat bahwa anda diminta untuk menjadi yang terbaik namun tetap membawa misi kelompok, yaitu saling bekerjasama dan menghormati. Maksudnya, ketika melakukan diskusi, anda harus aktif namun tetap mendengarkan pendapat orang lain. Sebagai informasi bahwa di perusahaan tertentu, diskusi dan presentasi individu dilakukan dalam bahasa inggris.

TAHAP 4 :
Wawancara dengan bagian SDM atau HRD

Dalam wawancara ini biasanya anda akan ditanya seputar bidang apa yang anda minati, dan bidang apa yang cocok untuk anda.

TAHAP 5 :
Wawancara dengan user/manajemen perusahaan

Dalam wawancara ini mungkin akan ada beberapa pertanyaan yang telah ditanyakan di wawancara-wawancara sebelumnya. Namun pada intinya, di tahap ini memungkinkan anda ditanya seputar masalah gaji.

TAHAP 6 :
Medical check up atau tes kesehatan

Setiap anda ingin menjalani tes kesehatan, ada baiknya anda menjaga pola makan dan tidur anda sehari sebelumnya. Karena jika anda terlalu letih ketika tes kesehatan, akan berakibat muncul hasil lab yang tidak diinginkan.

PERLU DIINGAT bahwa anda bisa saja gagal di TAHAP MANAPUN. Meskipun anda sudah sampai hingga tahap terakhir, anda bisa gagal. Proses penyaringan karyawan MT sangat ketat, sehingga perusahaan sangat selektif dalam memilih yang terbaik. Tak jarang pada setiap kesempatan wawancara, anda akan menghadapi pertanyaan-pertanyaan “jebakan” yang tujuannya adalah “mencari kelemahan anda”

Sebagai peserta yang rata-rata adalah lulusan fresh graduates baru dari perguruan tinggi, jelas peserta MT masih minim keahlian, pengalaman, pemahaman soal sistem dan budaya kerja dan kepemimpinan. Oleh karena itu, setelah lolos dari proses seleksi MT, biasanya anda akan mengikuti masa training selama 6 bulan hingga 1 tahun, tergantung dari kebijakan setiap perusahaan. Selama training, anda akan belajar, dididik dan diawasi kinerjanya. Tidak jarang ada karyawan yang tidak sanggup mengikuti masa training dan akhirnya keluar dari perusahaan. Sehingga dia belum bisa disebut sebagai “lulusan MT” di perusahaan tersebut, karena tidak mengikuti program training sampai selesai.

Program training MT dalam Bank swasta yang saya ketahui sangatlah melelahkan, karena harus belajar setiap hari (seperti kuliah) dan terdapat ujian-ujian tertulis atau lisan pada saat tertentu. Setelah lulus belajar di kelas, biasanya akan ditempatkan di cabang-cabang perusahaan atau istilahnya On the Job Training atau OJT.

Setelah mengikuti masa training hingga selesai (kira-kira 6-12 bulan), maka anda boleh dikatakan sebagai “lulusan MT perusahaan X”. Maka setelah itu karir anda akan berjalan lebih mulus dan bisa menempati posisi cukup tinggi di perusahaan tersebut, misalnya supervisor. Ada yang pernah mengatakan bahwa MT adalah tiket masuk tercepat untuk menempati posisi tertinggi di suatu perusahaan. Saya rasa hal itu bisa diterima mengingat proses seleksi dan training-nya yang sulit dan lama.

Yaaahhh, kira-kira inilah sedikit informasi mengenai Management Trainee. Semoga bermanfaat bagi para pencari kerja. TETAP SEMANGAAAATTT!!!
.

20 komentar:

zulmi valentine mengatakan...

Ngopy dimana neh artikel num??
Lumayan pengetahuan job seeker..

zulmi valentine mengatakan...

Artikel yg lumayan sehhh..

Rae mengatakan...

enak aja ngopy... pengalaman pribadi tuh.. heheh... untuk bahasan yang lebih lengkap, ke blog fs aja
http://unameit.blog.friendster.com/2008/06/apa-sih-management-trainee-mt/

Andika Pratama mengatakan...

""Heehe,, MT is Important for Us before entered Office World"""
OK

andri mengatakan...

7 tahap itu kalau gak salah (coz udah lama):
1. Tes Psikotest seperti yg biasa di lakukan test di perusahaan lainnya.
2. FGD= di FGD ini nanti di berikan contoh kasus dan ada sekitar 7 jawaban nanti bersama kelompok di berikan waktu kira2 apa yg harus di prioritas kan terlebih dahulu.
3. Busines Game= ini hampir sama dengan FGD tadi. Cuma kasusnya kita di ibaratkan memiliki perusahaan dan dalam waktu 5 tahun. setiap tahunnya kita di berikan kondisi apakah kita akan mengeluarkan barang baru atau memberikan diskon kepada pembeli...
4. Wawancara dengan HRD (aida consultant)
5. Test Psikologi
6. Wawancara dengan User
7. Test Kesehatan

saya lupa antara nomor wawancara dengan HRD atau test psikologi duluan...

Steven Luck mengatakan...

Hohoho, thank you yah atas infonya ^^

Steven Luck mengatakan...

Hohoho, makasih atas infonya ^^

Steven Luck mengatakan...

Hohoho, makasih atas infonya ^^

Ericova mengatakan...

nice info :)

iwan mengatakan...

nice info. mampir umah ane ya
iwansuprianto.blogspot.com

Anonim mengatakan...

CANTIK BANGET SIH MBAK...

dyah mengatakan...

sangat membantu sekali infonya, thx bunches.
apa saat mengikuti program dari awal hingga training kerja itu dapat gaji?
need the answer soon. thank you.

Rae Hanum Anggraeni mengatakan...

iya digaji...

Anonim mengatakan...

o gitu ya ternyata, ane baru tau...hehehe..
nice info sis...and thxs.

Eko Utomo mengatakan...

Mbak Rae, a good artikel tentang MT. Untuk pembaca yang lain ada beberapa informasi tambahan tentang MT silahkan mampir di www.ekoutomo.blogspot.com

silk scarf mengatakan...

Terimakasih atas infonya ya, cukup detail dan sangat bermanfaat.

andrialvaro mengatakan...

ok thank ya...
andrialvaro.blogspot.com

xhamone plus mengatakan...

artikel yang sangat bermanfaat sekali buat di simak

Anonim mengatakan...

trmksih sekali infonya

mohamad rivai mengatakan...

makasih udah share yak, sana membantu para job seeker